Singapore Trip

Menginjak tahun 2013 banyak sekali kejadian2 menarik yang ada dalam kehidupan saya. Tapi sayangnya seperti yang sebelumnya saya tulis, saya tidak punya banyak waktu dan bahkan benci menulis!

Well, kita mulai flashback dari bulan January di tahun 2013.

Sudah tepat 1 tahun saya tidak menggunakan paspor saya, setelah tahun 2010 ke Turki dan 2011 ke Malaysia. Saya sangat ingin menggunakannya lagi. Saya ingin melihat dunia! Haha

Ajakan itu datang pada medio Agustus 2012, teman saya sesama orang Pekalongan BBM saya, kurang lebih percakapannya seperti ini:
“Cha, mau ke Singapore ga? Ada tiket promo nih..”
“Wuah boleh.. Gw udah lama pingin kesana tapi ga jadi2, berapa dan sama siapa aja?”
“Sama anak2 Pekalongan aja, ada 4 orang lah totalnya, tiketnya 250rb”
“Oke deh, gw ikut”

Singkat cerita seperti itulah kiranya percakapannya yang sebenarnya lebih panjang dan saya pun lupa. Hehe..

FYI, dulu saya pernah udah bayar tiket ke Singapore juga bersama 2 temen cewek saya yang lagi promo juga dan akhirnya kami batal pergi karena sama2 baru masuk kerja dan belum dapat cuti. Hiks.. Jadi sebenarnya saya yang awalnya biasa aja sama Singapore jadi penasaran juga kesana karena ga pernah jadi2.

Waktu terus berlalu saya pun hampir lupa untuk menabung. Tetiba akhir2 bulan di tahun 2012, teman saya menagih uang untuk tiket Pulangnya. Saya lupa ternyata tiketnya bukan tiket PP. Saya pun agak marah dan sewot. Haha.. Maaf yaa bro!
Kurang lebih saya marah kenapa ga bilang dari awal ga langsung PP jadi bisa lebih murah dan saya bisa pake kartu kredit untuk bayar tiket. Hufh.. Jadi yang semula harusnya murah jadi lumayan juga c.. Hehe

Akhirnya bulan Januari datang juga! Saya ga mau teman2 saya se-tim saya tahu dan minta oleh2 jadi cukup tertentu aja yang tau. Saya paling tidak suka dengan urusan tetek-bengek oleh2. Selain repot cari dan menambah budget travelling. Karena sebisa mungkin saya memang travelling on budget. Karena alasan itu lalu saya pun berbohong kepada bos saya. Eng.. Ing… Eng..
Saya ga mau kasih tau ah… Ntar siapa tau ada yang baca.. Hahaha

Akhirnya dengan susah payah saya berhasil melarikan diri ke bandara setelah udah mau nangis takut ga kekejar waktu! Secara Jakarta gitu lhooooo…

Akhirnya ketemu juga sama temen2, mulailah berbahasa Jawa yang udah lumayan jarang dipake. Ternyata yang tadinya 4 orang jadi tambah personil menjadi 8 orang. 4 cewek, 4 cowok.. Tsahhh.. Apalah iniii… F4 cowo sama F4 cewe..

Perjalanan dimulai dengan ketemu Raline Shah.. Waktu itu dia belum terlalu terkenal2 banget karena baru main film 5cm doang dan dia dengan ramahnya menyapa kita2. Ada juga yang ngefans banget sama dia. Haha

Kita menggunakan pesawat Air Asia, baru pertama kali juga naik ini dan sempit sekali. Maklum namanya juga murah..

Oke sekarang kita mendarat di Singapore, biasa aja sih sebenarnya ya.. Haha
Tapi bandara Changi emang lumayan keren kok. Saking kerennya ada yang langsung foto-foto di bagian imigrasi dan sampe ditegor dan disuruh hapus fotonya. Hahaha… Baru tau juga kalo di bagian imigrasi ga boleh foto-foto.

Kita pake skytrain gitu kayanya menuju ke apartemen sodara temen kita yang horaang kayahh
Yah akhirnya kita sampe juga di apartemen yang membuat kita langsung melongo ndeso karena apartmennya gede dan keren banget.. Haha

Langsung deh foto-foto narsis di atas balkon dengan pemandangan malamnya Singapore. Karena lapar kitapun makan di luar dan ketawa ngakak sama pesanan makanan kita yang lucu-lucu. Ada yang warna ijolah makanannya dan rasanya juga aneh ga seperti yang kita harapkan dan bayangkan sebelumnya. Emang makanan Indonesia terutama makanan Pekalonagan itu tiada duanya dan yang paling TOP!

Besok pagi sebelum jalan-jalan kita masak-masak mie gelas, mie goreng dan sarapan lainnya. Dan baru saja ditemukan temen-temen saya sangat hebat persiapannya! Ada yang bawa beras bok.. Ada sarden, abon, rendang, dan lupa apa lagi saking banyaknya kaya mau 1 bulan pergi.. Haha..

Tujuan pertama kita Universal Studio yang pasti.. Sebenarnya ga terlalu penting cerita-cerita perjalanan di USS yang bakalan itu-itu aja dan ke tempat-tempat lain sepeti Merlion, China Town, Clark Quay, Orchard Road, dll. Kalo ga salah kita 4 hari disana (berdasarkan foto saya dengan baju yang berbeda) sampe udah bosan liatnya gedung-gedung terus. Karena saya sendiri lebih suka wisata alam ataupun ke tempat-tempat yang bersejarah daripada liat gedung-gedung pencakar langit dan belanja-belanji. Meskipun saya suka belanja tapi saya belum hobi untuk belanja sampe sengaja ke Luar Negri. Paling cuman sekedar bonus aja setelah liat yang indah-indah dan itupun belanjanya pajangan untuk rumah saya nanti. Hihi…

Disana kami juga sempet nyasar pas mau ke Marina Bay Sands dan keluarnya kaya di antah berantah gitu tapi akhirnya kita bisa juga liat Fountain Show yang lumayan wow. Dan FYI, kita dengan kerennya makan bekal kita  yang berupa Rendang di Marina Bay Sands tapi berkhayal makan di restoran hotel yang berbentuk kapal diatas ini. Yah boleh lah ya bermimpi dikit, semoga ntar kita reuni bisa bayar makan disana. Haha.. Amin..

Setelah keseruan mengirit dari segi makanan dengan memasak dan membawa bekal berupa BERAS, dll! Ini langka banget sih karena baru kali ini ada akal buat bawa beras ke luar negri. Hahaha Tapi kengiritan itu ternyata terkalahkan karena kita malah kalap belanja! Mustafa menghancurkan segalanya sampe ada yang beli koper dan semua coklat-coklat yang entah oleh-0leh atau buat sendiri digabung jadi satu di koper tersebut.

Kenangan yang paling signifikan dan tidak bisa dilupakan adalah ketika kita mau pulang (kampung)! Hahaha… Ini murni human error.. Salah kita juga ga aware sama jam penerbangan.

Alkisah kita dari muter-muter Orchard Road dan belanja di China Town (lagi!), kita pulang ke apartemen sebelum jam 6 karena niatnya biar cepet2 sampe bandara dan bisa foto-foto disana nantinya.

Entah mengapa saya ngantuk sekali dan pingin tidur. Sebenarnya saya ga pingin tidur karena takut ketinggalan pesawat. Bagi saya, perjalanan pake pesawat itu adalah perjalanan yang sangat sakral. Karena kita diburu waktu dan kedisiplinan untuk mengikuti waktu yang telah ditetapkan. Telat dikit yasudahlah..

Apalah daya mata ini lebih memilih untuk tertidur dan aku pun berpikir “Ah ntar juga dibangunin sama anak-anak, kan bentar lagi mau berangkat”.  Saat itu jam menunjukkan pukul 5.30 dan seharusnya maksimal kita keluar jam 7.00 karena pesawat dikatakan jam 9.00.

Betapa kagetnya saya ketika kebangun udah jam 7.30 dan tidak menemukan anak-anak di sekitar saya. Saya tanya sama sang empunya rumah dan ternyata masih diatas balkon. Dan kagetnya saya mereka masih makan-makan indomie dan foto-foto, terus saya bilang,

“Emang jam berapa sih pesawatnya kok belum berangkat?”

“Iya ini mau berangkat kok”

Teman saya yang alim ngajakin sholat dulu berjamaah. Karena saya kurang tau tepatnya jam berapa yaudah ikut pak bos aja. Daaan sholatnya lamaaaaa… Saya sebenernya sempet ga fokus sih.. Maafkan aku Ya Allah..

Setelah baru ketauan ternyata pesawat jam 9.30 dan saat itu jam 9.00! Mau apa cobaaaaa… Ini Singapore men! Dan Changi terkenal banget sama tepat waktu dan disiplinnya!

Sodara temen saya aja matanya udah melotot pas tahu kayanya ga akan kekejar dan hari itu sepertinya hectic sekali kita keluar dari apartemen dan nyegat taksi.

“Pak, Changi”

“Pesawat jam berapa?”, tanyanya

“9.30”

“Wuah saya ga jamin bisa kekejar apa ga soalnya kalo ke bandara minimal 1 jam sebelum take off udah sampe”

“Ya kita berharap semoga masih bisa”
Kita semua di taksi udah deg-degan dan jantung mau copot. Sopir pun ga mau menambah pedal gasnya lebih kenceng sampai saya pingin jitak.

Akhirnya kita sampai di Changi dengan tergopoh-gopoh daaaan tulisan di Board sudah menunjukkan #LAST CALL# kita udah ga bisa masuk! Karena mereka udah mau take off banget. Dipikir-pikir ya emang naik pesawat ga kaya naik bis yang tinggal masuk. Ada proses untuk check in lah, ke imigrasi lagi buat dicap keluar dan security yang berlapis-lapis untuk ngecek barang dan luasnya bandara kadang ga bisa cuman 10 menit sampe dari depan ke Gate yang dituju jadi emang amannya 1-2 jam.

Kita ga bisa menyalahkan satu sama lain karena keterlambatan ini, saya yang paling galau karena udah terlanjur bohong ke bos saya jadi nambah lagi bohongnya kan. Belum tiket ga bisa di-reimburse dan harus beli ulang yang hectic banget waktu itu karena minta transfer uang dari adik temen saya karena duit kita pada ga cukup semua bayar tiket untuk 8 orang.

Tapi ternyata bukan cuman kita yang ketinggalan pesawat ada pasangan dari Lampung juga yang lebih rugi dari kita karena kehilangan 2 pesawat yaitu pesawak ke Jakarta dan dari Jakarta ke Lampung. Alhasil mereka harus mengeluarkan duit sebesar 10 juta untuk tiket lagi. Mirisnya lagi mereka bener-bener udah di gate dan pesawat depan mata ehh pintu ketutup karena mereka abis beli oleh-oleh ! Sedih banget itu sih..

Akhirnya kita dengan kreatifnya bermalem di Changi instead of pulang lagi ke apartemen pake taksi dan takut ketinggalan pesawat lagi karena kita pilih pesawat paling pagi yaitu jam 9. Ga enak banget sih beneran tidur di bandara yang super dingin ga ada pelindung selama 12 jam pulak! Tidur pun gelisah dari satu kursi ke kursi yang lain. Sampai akhirnya pagi pun datang.

Kita tetep aja heboh lagi belanja di Duty Free setelah lepas deg-degannya. Akhirnya kita pulang juga ke Jakarta pake Lion Air! Kitapun udah bisa bercanda lagi dan bisa ngejek teman kita yang arrange perjalanan ini dengan “Jasa biro travelnya RATED Nol”, kalopun harus sebar angket pasti jawannya akan “Tidak Puas” semua. Hahahaha

Jadi moral of the story : jangan bermain-main dengan flight. Ingat jam berapa dan kapan harus sampe bandara. Minimal 1-2 jam kita udah sampe di bandara biar lebih tenang dan kalo kata orang Jawa grasa-grusu ngejar pesawat. Dan jangan berbohong! Karena One lie will lead to another lies! Haha

This slideshow requires JavaScript.

See you on another adventure story,